Rabu, 03 November 2021

Bukti Fisik Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) SD

Download bukti fisik penilaian kinerja kepala sekolah (PKKS) jenjang SD ini admin arsipkan melalui postingan di blog ini agar dikemudian hari dibutuhkan bisa langsung merujuk pada postingan ini. Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini seorang kepala sekolah tidak memiliki kewajiban untuk mengajar di kelas. 

Sesuai Tugas Pokok dan Fungsi (TUPOKSI) Kepala Sekolah yang tertuang di Permendikbud Nomor 6 Tahun 2018 adalah diantaranya mengatur tentang beban kerja seorang kepala sekolah. Dimana beban kerja Kepala Sekolah sepenuhnya untuk melaksanakan tugas pokok manajerial, pengembangan kewirausahaan, dan supervisi kepada Guru dan tenaga kependidikan. Selain itu, beban kerja Kepala Sekolah bertujuan untuk mengembangkan sekolah dan meningkatkan mutu sekolah berdasarkan 8 (delapan) standar nasional pendidikan.


Untuk itu admin blog ini berharap dengan adanya postingan ini terkait "Bukti Fisik Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) SD", akan bermanfaat bagi SDN 1 Kemujan pada khususnya dan sekolah dasar lainnya pada umumnya. Kegiatan PKKS di SDN 1 Kemujan biasanya terbagi menjadi 40 Stofmap. Untuk download sesuai nomor sotfmap ya, pada menu download sebelah kanan di masing-masing Nomor Bukti Fisiknya.  Adapun 40 komponen dan isinya kami tuliskan seperti berikut :

Nomor Stopmap

Bukti Fisik

Jenis Bukti Fisik

Menu Download

1

A.   Kepribadian dan sosial

a.       buku catatan kasus dan solusinya

b.       rajin melaksanakan ibadah (interview dengan warga sekolah)

c.        program pengalokasian dana sosial untuk warga sekolah dan bukti pelaksanaan

d.       sikap perilaku teladan (interview dengan warga sekolah)

e.        tersediannya tempat ibadah di sekolah yang layak

DOWNLOAD

2

 

a.       melaksanaan kegiatan sekolah sesuai dengan rencana kerja sekolah, dengan ketercapaian minimal 90% (sembilan puluh persen) sesuai tahapan waktu.

b.       melaksanakan tupoksi sesuai dengan tata tertib sekolah ( tata tertib mudah diakses).

c.       melaksanakan tupoksi sesuai dengan kode etik sekolah (kode etik sekolah mudah diakses).

d.       melaksanakan tupoksi sesuai dengan peraturan

DOWNLOAD

3

 

a.       tersedia kotak saran di sekolah

b.       memiliki catatan peserta penyusunan program dan realisasi pelaksanannya

c.       memiliki media informasi tentang pengelolaan keuangan sekolah: buku kas umum, buku kas bos, apbs dll

d.       memiliki sistem infornasi manajemen yang bisa diakses oleh seluruh warga sekolah lengkap dengan SK tim pengelola SIM Sekolah.

DOWNLOAD

4

 

Interview dengan warga sekolah tentang:

a.       pengendalian emosi kepala sekolah (sabar, berjiwa besar, bijaksana)

b.       sikap kepala sekolah dalam menghadapi masalah (tidak stres, berani menghadapi masalah, berani mengambil resiko)

c.       adanya analisis masalah dan konsep pemecahannya

Tim Penilai menyusun Pedoman Wawancara.

DOWNLOAD

5

 

a.       menjadi pengurus atau anggota organisasi sosial kemasyarakatan, dibuktikan KTA atau surat keterangan keanggotaan.

b.       aktif terlibat dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, dibuktikan dengan deskripsi hasil kegiatan.

c.      Memiliki informasi manajemen keuangan sekolah

d.       Memiliki sistem informasi manajemen sekolah

DOWNLOAD

6

 

Interview dengan warga sekolah tentang kepala sekolah mengenai:

a.       sikap tenggang rasa terhadap orang lain

b.       sikap empati kepada orang lain

c.       sikap dalam mengatasi konflik internal

d.       kepedulian terhadap kepentingan orang atau kelompok lain

Pedoman Interview disusun oleh Tim Penilai

DOWNLOAD

7

 

a.       memiliki program kerjasama dengan lembaga pemerintah swasta dan masyarakat

b.       memiliki nota kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta, dunia usaha dunia industri, dan masyarakat

c.       adanya hubungan kerjasama yang harmonis dengan lembaga pemerintah, swasta, dunia usaha dunia industri, dan masyarakat

d.       adanya dokumen pemanfaatan sumber daya yang bersumber dari dari lembaga pemerintah, swasta, dunia usaha dunia industri, dan masyarakat

DOWNLOAD

8

B.     Kepemimpinan pembelajaran

a.       program kepala sekolah sesuai dengan visi dan misi sekolah

b.       strategi pengembangan sekolah sesuai dengan visi dan misi sekolah

c.       keberanian mengambil keputusan dan menghadapi tantangan/resiko (digali dari warga sekolah, melalui interview)

DOWNLOAD

9

 

Memiliki tujuan sekolah, yang meliputi:

a.       ada rumusannya

b.       disusun bersama warga sekolah

c.        target jelas

d.       pentahapan dan jadwal jelas

DOWNLOAD

10

 

a.       memiliki program pengembangan SDM (guru, tenaga kependidikan, komite sekolah)

b.       memiliki dokumen pelaksanaan program (pelatihan, seminar, MGMP/MGP/KKG, MKKS/KKKS/MKTAS, studi lanjut)

c.       memiliki hasil PTS/PTK

d.       memiliki fasilitas yang mendukung kenyamanan belajar

 

DOWNLOAD

11

 

a.       Memiliki ruangan (Kepala sekolah, Wakil Kepala Sekolah, guru, Bimbingan Konseling, Tata Usaha, Organisasi Siswa Intra Sekolah) yang kondusif sesuai indikator.

b.       Memiliki ruang kelas yang kondusif sesuai indikator.

c.        Memiliki ruang laboratorium yang kondusif sesuai indikator.

d.       Terjalin hubungan kerja yang harmonis antar sesama guru sesuai indikator (wawancara dengan warga sekolah).

e.        Terjalin hubungan kerja yang harmonis antar warga sekolah sesuai indikator (wawancara dengan warga sekolah).

f.        adanya pembagian tugas guru dan karyawan secara adil dan merata.

g.        adanya reward bagi guru dan karyawan berprestasi.

h.       adanya sanksi bagi guru dan karyawan yang melanggar.

i.         adanya program penempatan, pengembangan, promosi dan rotasi.

DOWNLOAD

12

 

a.       adanya dokumen prestasi akademik dan non akademik setiap tahun

b.       adanya program peningkatan kompetensi guru

c.        adanya program peningkatan kompetensi tenaga kependidikan

d.       adanya dokumen bimbingan pelaksanaan pembelajaran pada guru

DOWNLOAD

13

 

a.       adanya dokumen sosialisasi regulasi terkini bidang pendidikan: UU, PP. Permen dan Perbud dll

b.       adanya dokumen nota kesepakatan kerjasama dokumen sosialisasi regulasi terkini bidang pendidikan.

c.        memiliki program pengembangan sekolah unggul

d.       adanya dokumen analisis SWOT

e.        memiliki program berbasis SWOT

f.        memiliki laporan hasil tindak lanjut

DOWNLOAD

14

 

a.       Program pembinaan dan peningkatan partisipasi masyarakat sesuai indicator

b.       Memiliki dokumen alumni

c.        Memiliki notulen dan catatan kegiatan dengan komite dan perwakilan kelas serta orang tua siswa

d.       Memiliki catatan atau dokumen tentang kegiatan sekolah yang melibatkan masyarakat sesuai indikator

e.        Memiliki dokumen kegiatan bakti sosial

DOWNLOAD

15

 

a.       Memiliki dokumen remedial teaching

b.       Memiliki dokumen yang berkaitan dengan pembelajaran sesuai dengan indicator Prota, promes, silabus RPP

c.        Memiliki dokumen pengembangan bahan ajar sesuai indicator: Hand out, modul, LKS,diktat dll

d.       Dokumen pelatihan pemanfaatan teknologi informasi untuk pembelajaran

DOWNLOAD

16

 

a.       Adanya perangkat Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang telah dikembangkan

b.       Adanya bukti keterlibatan pengembangan perangkat Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan sesuai indicator

c.        Adanya bukti penyempurnaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan sesuai indicator : dokumen I dan II Kurikulum

d.       Adanya dokumen Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan sesuai indicator: RPP tiap kelas dan mapel

DOWNLOAD

17

 

a.       Adanya dokumen penerimaan siswa baru sesuai indicator

b.       Adanya dokumen siswa sesuai indicator: buku induk, buku klaper dll

c.        Adanya buku mutasi siswa

d.       Adanya daftar nama siswa tiap kelas

DOWNLOAD

18

C.     Pengembangan Sekolah

a.       dokumen rencana kerja sekolah /rencana kerja jangka menengah, RKS sesuai dengan visi, misi dan tujuan

b.       dokumen rencana kerja anggaran sekolah

DOWNLOAD

19

 

a.       struktur organisasi sekolah

b.       struktur organisasi unit

c.        deskripsi tugas dan pendelegasian

d.       adanya evaluasi srtuktur organisasi sekolah

DOWNLOAD

20

 

a.       dokumen RKJP, RKJM, dan RKS

b.       dokumen pelaksanaan kegiatan pengembangan sekolah sesuai RKJP, RKJM, dan RKS

c.        adanya evaluasi RKS

d.       tindak lanjut hasil evaluasi RKS

DOWNLOAD

21

 

Dokumen tingkat pencapaian target : dan inovasinya

1.       standar isi

2.       standar proses

3.       standar kompetensi lulusan

4.       standar pendidik dan tenaga kependidikan

5.       standar sarana dan prasarna

6.       standar pengelolaan

7.       standar pembiayaan

8.       standar penilaian

DOWNLOAD

22

 

a.       program kegiatan monitoring dan evaluasi

b.       instrumen monitoring dan evaluasi kegiatan sekolah

c.        dokumen hasil monitoring dan evaluasi kegiatan sekolah

d.       dokumen tindak lanjut hasil monev kegiatan sekolah

DOWNLOAD

23

 

a.       Program tindak lanjut hasil monitoring dan evaluasi

b.       Instrumen tindak lanjut hasil monitoring dan evaluasi

c.        Dokumen pelaksanaan tindak lanjut

d.       Dokumen laporan hasil tindak lanjut

DOWNLOAD

24

 

a.       Dokumen hasil analisis SWOT

b.       Daftar skala prioritas masalah yang akan diteliti

c.        Catatan pelaksanaan Penelitian Tindakan Sekolah

d.       Laporan hasil Penelitian Tindakan Sekolah

 

 

DOWNLOAD

25

D.    Manajemen sumber daya

a.       dokumen rencana tertulis proyeksi kebutuhan pendidik dan tenaga kependidikan.

b.       daftar tim penyusun proyeksi kebutuhan dan pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan.

c.        daftar penanda pelaksanaan pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan.

d.       format dan hasil evaluasi kinerja pendidik dan tenaga kepoendidikan.

e.        Tindak lanjut hasil evaluasi

f.        daftar/buku konsultasi/klinik perbaikan tenaga kependidikan.

DOWNLOAD

26

 

a.       rencana tertulis pengadaan, pengembangan dan pemeliharaan sarana prasarana.

b.       Pelaksanaan program pengelolaan pendayagunaan sarpras dapat berupa rekaman pendayagunaan sarpras untuk pembelajaran

daftar sarana dan prasarana yang rusak dan yang diperbaiki.

c.        Evaluasi Pelaksanaan program pengelolaan pendayagunaan sarpras

d.       Program tindak lanjut Pelaksanaan pengelolaan pendayagunaan sarpras

DOWNLOAD

27

 

a.       RKAS yang sudah di sahkan oleh Kepala Sekolah dan Kepala UPTD/Dinas.

b.       bukti keterlibatan para pemangku kepentingan

c.        gambaran skala perioritas penggunaan anggaran pada RKAS

d.       buku kas umum sekolah.

e.        laporan pertanggungjawaban keuangan sekolah

f.        Evaluasi keuangan sekolah secara efisien, tranparan dan akuntabel.

DOWNLOAD

28

 

a.       Program berwawasan lingkungan peraturan/tata tertib/kode etik sekolah dalam pengelolaan lingkungan sekolah yang aman dan sehat.

b.       Pelaksanaan program :poster, baliho, panflet, slogan terpasang yang berisi pesan ispiratif tentang lingkungan sekolah yang aman dan sehat.

c.        Evaluasi program

d.       Tindak lanjut progran (pengakuan pengguna layanan dan pemangku kepentingan tentang tingkat keamanan, kenyamanan dan kesehatan lingkungan fisik dan sosial sekolah (dapat digali melalui interview)

DOWNLOAD

29

 

a.       Memiliki program TAS (Tata Administrasi Sekolah)

b.       Pelaksanaan program TAS

c.        Evaluasi program TAS

d.       Tindak lanjut pelaksanaan program TAS

 

DOWNLOAD

30

 

a.       SIM sekolah yang telah beroperasi.

b.       Pelaksanaan sim

c.        Evaluasi sim

d.       Ada program tindaklanjut SIM.

DOWNLOAD

31

 

a. Terdapat program layanan khusus (misal: kafetaria/kantin, koperasi, Usaha Kesehatan Sekolah)

a.       program Layanan khusus sekolah

b.       evaluasi . (ada data perkembangan masing-masing jenis layanan khusus)

c.        Tindak lanjut

DOWNLOAD

32

 

a.       Multimedia atau teknologi yang ada di sekolah dan ruang kelas.

b.       Daftar penggunaan multi media dan teknologi dalam pembelajaran.

c.        sistem informasi manajemen sekolah

d.       Bahan ajar berbasis Teknologi Informasi dan komunikasi yang dipergunakan untuk pembelajaran.

DOWNLOAD

33

Kewirausahaan

a.       Memiliki majalah dinding,papan pajangan, komputer yang memadai.

b.       kurikulum muatan lokal bernilai kewirausahaan

c.        KS memiliki budaya inovatif dan kreatif

d.       Pengembangan budaya inovatif dan kreatif yang bermanfaat untuk pengembangan sekolah

 

DOWNLOAD

34

 

a.       rumusan visi sukses kepala sekolah.

b.       pengakuan stakeholders (guru, tenaga kependidikan lainnya, komite, dan siswa) tentang sikap dan perilaku kepala sekolah terkait dengan keyakinan, visi, strategi, dan keberanian menghadapi resiko

c.        hasil-hasil penelitian tindakan yang dilaksanakan untuk pengembangan sekolah.

d.       Prestasi yang diraih selama yang bersangkutan menjadi kepala sekolah.

DOWNLOAD

35

 

Jumlah pendidik dan tenaga kependidikan yang:

a.       memiliki visi sukses sesuai dengan tupoksi masing-masing.

b.       melaksanakan strategi yang tepat dalam mencapai visi sukses.

c.        warga sekolah berani mengungkapkan masing-masing kelebihan dan kekurangannya.

d.       prestasi yang relevan dengan tupoksinya pada berbagai tingkatan.

DOWNLOAD

36

 

a.       pengakuan stakeholders terhadap kuatnya pendirian Kepala Sekolah dalam memperjuangkan visi suksesnya konsisten dan pantang menyerah

b.       mampu memberikan solusi terbaik setiap permasalahan

c.        mengembangkan budaya silaturahmi dan kekeluargaan.

DOWNLOAD

37

 

Pengakuan stakeholders tentang penerapan prinsip-prinsip :

a.      a. inovatif dan kreativitas,

b.         kepercayaan diri,

c.        orientasi visi,

d.         pantang menyerah, dan

e.          visi pertumbuhan diterapkan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pengembangan sekolah.

DOWNLOAD

38

Supervisi pembelajaran

Dokumen program tahunan supervisi akademik yang:

a.       fokus pada perbaikan proses dan hasil belajar.

b.       dikomunikasikan pada bulan pertama di awal tahun.

c.        Jadwal supervisi

d.       Pelaksanaan supervisi: berita acara dan hasil

e.        Ada pendelegasian kepada guru senior untuk supervisi

DOWNLOAD

39

 

1.       Pembagian tugas supervisi kepada guru senior

2.       Prosedur dan pelaksanaan supeervisi yang tepat

3.       Ada instrumen supervisi

4.       Adaevaluasi hasil pelaksanaan supervisi

DOWNLOAD

40

 

1.       Memanfaatkan hasil supervisi akademik

2.       Memiliki program tindak lanjut hasil supervisi akademik

3.       Tindak lanjut melalui pelatihan, KKG, diklat

4.       Tindak lanjut melalui workshop denganmengundang nara sumber

 

DOWNLOAD


Demikianlah postingan pada kali ini tentang Bukti Fisik Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) SD. Semoga dokumen di atas bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Terimakasih.
Load disqus comments

0 comments